Sabtu, 19 Juli 2014

Tugas 2 Etika & Profesionalisme TSI


1.       Beri contoh kasus dan jelaskan tentang gangguan pemanfaatan teknologi sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menyebabkan seseorang atau pihak lain terganggu!
Pada hakikatnya adanya teknologi mempunyai tujuan untuk mempermudah pekerjaan yang dimiliki setiap manusia, namun selalu ada pihak2 yang memanfaatkan hal tersebut untuk merugikan orang lain.
 Contohnya :
Masyarakat saat ini mulai memiliki ketertarikan untuk melakukan transaksi shopping online. Pada proses shopping online tersebut pembeli harus memasukkan data diri yang lengkap tidak jarang juga memasukkan data kartu kredit, namun ada pihak2 yang tidak memiliki kepentingan atas data tersebut menggunakan data pelanggan itu untuk melakukan transaksi online lainnya.

2.       Mengapa muncul gangguan dalam pemanfaatan teknologi sistem informasi, jelaskan!
Belum adanya peraturan Undang-Undang pemerintah yang cukup kuat untuk memberikan efek jera bagi para tindak pelaku criminal di dunia maya.
Juga karena teknologi informasi saat ini banyak digunakan pada kalangan perusahaan dan lembaga lainnya, menyebabkan memberikan peluang besar bagi pelaku tindak kejahatan untuk mengakses data rahasia perusahaan apabila perusahaan tersebut tidak mempunyai tingkat keamanan data yang tinggi

3.       Untuk mengatasi gangguan yang muncul pada pemanfaatan teknologi sistem informasi. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan baik dari pengguna maupun dari pihak pemerintah!

Dari pihak pengguna :
-          Sebaiknya memiliki pemahaman yang baik tentang Teknologi Informasi
-           Dapat melakukan re-cek terlebih dahulu apabila ingin melakukan transaksi secara online
-          Jangan mudah terpancing oleh harga-harga murah maupun promo
-          Lebih berhati-hati tentunya
-          Selalu menggunakan menggunakan aplikasi dan sistem yang sudah di certified keamanannya

Dari pihak pemerintah :
-           Adanya undang-undang TI dan diterapkan
-            Adanya sosialisasi yang baik kepada masyarakat luas
-          Menghimbau kepada masyarakat tentang ancaman-ancaman TI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar